Wisata di Pacitan Saat Pandemi Covid-19

  

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Saya Ellza Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Pacitan semester 4. Omong-omong soal pariwisata, pariwisata adalah salah satu sektor perekonomian penting kanggo negara khususe negara Indonesia ananing, sejak muncul virus covid-19 di berbagai negara terutama di Indonesia, ameh kabeh sektor perekonomian ditutup lan dibatesi terutama sektor pariwisata. Wis setahun luwih, virus Covid-19 njajah negara Indonesia. 

Dampak dari adanya virus covid- 19 sangat dirasakan pada sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan. Sakdurunge muncul virus covid-19, pariwisata di Kabupaten Pacitan dapat dikategorikan sangat ramai pengunjung, bahkan banyak juga para turis yang datang berkunjung ke wisata Pacitan. Ananing, sejak munculnya virus covid-19 semua pariwisata di Pacitan ditutup sementara. 

Tentunya dengan alasan agar tidak meningkatkan penularan virus covid 19 di kalangan masyarakat. Dengan ditutupnya semua pariwisata di kabupaten Pacitan, wes pasti nduweni dampak buruk menyang pendapatan ekonomi ing kabupaten Pacitan. Karena sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan merupakan salah satu sektor penting dalam meningkatkan ekonomi di Pacitan. 

Sekarang, di awal tahun 2021 beberapa tempat pariwisata di kabupatKn Pacitan wis mulai dibuka maneh. Ananing ora lali, kudu nggunakake protokol kesehatan sing wis disediakne ing tempat wisata, seperti halnya tempat mencuci tangan, beberapa papan peringatan agar menjaga jarak dengan pengunjung lain, lan ora oleh lali kudu nganggo masker. Beberapa tempat wisata juga membatasi pengunjung yang datang di setiap harinya. 

Meskipun beberapa tempat pariwisata sudah mulai dibuka kembali, efek dari 1 tahun ditutupnya pariwisata menjadikan beberapa tempat wisata menjadi sepi pengunjung. Para penjual yang yang bekerja di sekitaran tempat wisata tentunya sangat mengeluhkan akan keadaan saat virus covit 19 ini masih terus meningkat. Beberapa waktu lalu, saya berkunjung ke pantai Watu Karung Pacitan. Ning kana wis nerapake protokol kesehatan kanthi apik. 

Ana panggon cuci tangan lan papan peringatan kanggo pengunjung ben jaga jarak lan nganggo masker. Di pantai watu karung saat itu, bisadikategorikan sepi pengunjung. Mungkin itu terjadi karena dampak dari pandemi, beberapa orang masih was-was jika bepergian ke tempat wisata. 

Dadine, ben kondisine cepet balik apik maneh, adewe kudu nduweni kesadaran pentinge nerapake protokol kesehatan khususe pas lunga adoh utawa pas ning panggon wisata. Sekian dari saya. Selamat pagi. Sugeng enjing. Dijaga terus kesehatane. Aja lali 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak). 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WATU PAPAK PRIMADONA BARU WISATA PANTAI PACITAN

KELOKAN TAK BERUJUNG

"Berdiri Aku" Karya Amir Hamzah 1933

DESTINASI WISATA ALAM PANTAI PANCER DOR PACITAN ”

PESONA PANTAI KASAP RAJA AMPATNYA PACITAN

PESONA SISI ROMANTIS BEIJI PARK PACITAN

Penambahan 1 Positif Covid 19 di Pacitan, Jawa Timur per 12 Juni 2020

Diduga Tak Bisa Berenang Bocah Asal Ketanggungan Brebes Mengapung di Sungai

Yuk Memulai Wirausaha Saat Pandemi Covid-19

Sajikan Informasi Kredibel, Dispenad-MNC Latih 20 Jurnalis Militer